Golkar Optimis Jadi Partai Pemenang di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 20 Februari 2024

Golkar Optimis Jadi Partai Pemenang di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Sekretaris Golkar Kalsel, Supian HK optimis mempertahankan kursi di Rumah Banjar dan menjadi partai pemenang, Senin (19/2/2024).

Dalam rekapitulasi hasil suara sementara di laman https://pemilu2024.kpu.go.id perolehan suara Golkar unggul jauh dibanding parpol lainnya.

Berdasarkan data sementara, Partai Golkar di Kalsel masih memimpin perolehan suara. Dari data per 9 Februari 2024 pukul 17.00, Golkar meraih 133.821 suara dengan progres 6174 dari 13584 TPS atau 45.45%. "Insya Allah Golkar di DPRD Kalsel masih bisa mempertahankan 12 kursi," ujarnya

Dijelaskan Supian perolehan suara Golkar melonjak signifikan terutama di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 yang meliputi Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong. "Paling tidak dua kursi, itu pun diprediksi akan bertambah," jelasnya.

Tak hanya di Dapil 5, Supian memprediksi peningkatan suara terjadi juga pada Dapil 7 yang meliputi Banjarbaru dan Tanah Laut, Golkar diperkirakan meraih dua kursi.

Termasuk kata Supian perolehan suara sementara dirinya yang berada di Dapil 5 meningkat di angka 30 ribu lebih suara dari 19 ribu suara pada Pemilu 2019 lalu.

Angka yang didapat itu lanjutnya belum digabung dengan perolehan suara dari caleg lainnya yang memungkinkan Partai Golkar menjadi partai pemenang di Pemilu 2024. 

Meski demikian, Supian tak menampik jika ada penurunan jumlah perolehan kursi. Seperti yang terjadi pada Dapil 3 Barito Kuala yang diperkirakan hanya mendapat satu kursi dari sebelumnya Golkar meraih dua kursi.

Sedangkan untuk Dapil 6 meliputi Tanah Bumbu dan Kotabaru, Supian optimis mampu mempertahankan 2 kursi seperti Pemilu 2019. Termasuk juga untuk Dapil 1 wilayah Banjarmasin sama seperti pemilu sebelumnya yakni satu kursi. 

"Pada intinya, Golkar optimis mampu mempertahankan jumlah kursi. Saat ini tinggal menunggu hasil resmi KPU," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner